Senin, 20 Juni 2011

Bekerja Cerdas

Pameo atau peribahasa tentang cara kerja sekarang "katanya" sudah berubah, dimana "kerja Keras" diganti dengan istilah "Kerja Cerdas". lantas disini muncul beberapa pertanyaan tentang makna dan arti kerja keras dan kerja cerdas itu sendiri, atau setidaknya kita bertanya : Bagaimana bentuk kerja kerja keras ? dan Bagaimana pula bentuk Kerja Cerdas itu?
1. kerja keras : adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam memenuhi kebutuhannya, dengan kata lainnya segenap kekuatan dan kemampuan dikerahkan demi mewujudkan apa yang dicita-citakan (keberhasilan) yang mana jiwa dan raga menanggung beban kerja yang ditekuni. 2. Kerja Cerdas : adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam memenuhi kebutuhannya, dengan cara mengerahkan segenap kemampuan pikiran demi mewujudkan apa yang dicita-citakan (keberhasilan) dengan tidak menitik beratkan pada jiwa dan raganya semata dalam menanggung beban kerja yang ditekuni.
konsep kerja keras ini memungkinkan seorang individu bekerja dengan penuh semangat yang tinggi atau dengan istilah lainnya yakni banting tulang peras keringat. konsep seperti ini sedikitnya digambarkan "menyiksa diri" sebab dengan keadaan fisik yang terbatas kita diharuskan atau setidaknya mengupayakan agar suatu pekerjaan itu dapat terselesaikan.
dalam pandangan ini penulis mengambil contoh seorang Petani. Dahulu petani yang sukses adalah petani yang mau bekerja keras. hal ini tidak ada yang menyangkalnya. namun dalam kondisi sekarang ini petani yang bekerja keras dengan semata-mata mengandalkan kemampuan jiwa dan raganya sendiri (pribadinya) tetap merasa rugi dan hal ini akan berbeda dengan apa yang dialmi oleh seorang petani yang menggunakan konsep kerja cerdas yang mana petani ini dengan segala kemampuan  pikirannya bagaimana agar orang lain  mengelola pertaniannya dan ia dapat memperoleh hasilnya ada dirumah.
Penulis bukan berarti mengajarkan tentanghal yang bersifat kemalas-malasan melainkan bagaimana supaya kita dapat berupaya untuk menciptakan lapangan kerja bagi individu-individu lainnya. penulis memberikan pandangan ini karena kerap penulis melihat atau mendengar istilah "bertani menggunakan remot" hal ini ternyata merupakan salah satu konsep yang lahir dari pandangan kerja cerdas tersebut.
Jadi pada intinya konsep kerja cerdas adalah konsep kerja dengan menitik beratkan kepada kemampuan otak/pikiran kita dalam mengelalo suatu pekerjaan.
Catatan : Mohon dikoreksi bila terdapat kekeliruan didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar